Senin, 29 Agustus 2011

PENGEN JADI VIDEO GAME DESIGNER?



Bermain video game? Itu hal yang biasa. Bikin game sendiri? Boleh juga tuh.. Bergabung dengan game company terkenal dan ikut mendesain sekuel game yang keren seperti Call of Duty, Need For Speed, atau Assassin’s Creed? Wow..SUPER KEREN!

Kalo kamu memang bercita-cita menjadi seorang game designer, well, itu sama sekali bukan hal yang mustahil untuk dicapai. Meskipun jalan yang akan kamu tempuh untuk mencapainya juga tidak mudah perlu perencanaan yang matang dan tentunya semangat yang kuat untuk mencapainya.

Saat ini menjadi seorang game designer memang bukan lagi sebuah karir yang bisa diremehkan, karena video game telah menjadi dan terus berkembang menjadi sebuah bisnis yang besar. Video games saat ini bukan hanya dilihat sebagai bisnis untuk segmentasi anak-anak saja. Coba saja kamu lihat di outlet-outlet video games, kamu akan melihat tidak hanya anak-anak, remaja bahkan banyak orang dewasa berusia 20-30 tahun sedang asyik memilih-milih game-game terbaru. Kini, apalagi dengan keluarnya console-console game canggih seperti XBOX 360, Playstation 3, atau Nintendo Wii, membuat sebuah game akan menjadi lebih sulit dan kompleks, dan itu artinya akan semakin banyak lagi orang-orang yang terlibat.

Media-media games mobile pun mengalami peningkatan jumlah maupun kualitas, mengingat perkembangan gadget mobile seperti iPad, iPhone atau Android Smart Phones yang begitu pesatnya. Game-game yang dibuat untuk gadget mobile tidak lagi sesederhana dan sesedikit dulu jumlahnya. Dan itu berarti sekali lagi peningkatan permintaan dalam tenaga kerja video game designer.

SYARAT DAN TIPS MENJADI SEORANG VIDEO GAME DESIGNER

Ada beberapa persyaratan dan tips untuk menjadi seorang game designer, yaitu:

Kamu harus mencintai games!

Ini adalah syarat mutlak untuk menjadi seorang video game designer. Bagaimana mungkin seseorang yang tidak mencintai video games, bisa membuat sebuah video games yang baik? Dalam hal ini, menjadi seorang pecandu video games, adalah sesuatu yang sangat dianjurkan.

Kreatifitas

Oke, mungkin kamu memainkan game sepanjang hari, dan bahkan melupakan siapa presiden Indonesia saat ini, tapi itu belum seluruhnya. Kamu harus memiliki kemampuan, hasrat dan ide segar untuk memecahkan sebuah permasalahan. Dalam hal ini, bagaimana membuat sebuah game jelek menjadi menarik, atau membuat game yang menarik menjadi lebih luar biasa. Kemampuan berinovasi dan menjadi kreatif.

Keahlian

Nah, ini adalah nilai plus untuk menjadi seorang video game designer, yaitu menguasai keahlian yang bermanfaat dalam mendesain sebuah game. Misalnya seperti keahlian menggambar, menguasai softwate desain seperti Adobe Illustrator, Photoshop, menguasai software animasi seperti 3DMAX, Adobe Flash, atau menguasai bahasa pemrograman. Keahlian-keahlian seperti ini meskipun bisa kamu kuasai secara otodidak, namun akan menjadi jauh lebih baik di mata video game company, apabila kamu memang memiliki dasar pendidikan formal dan memiliki sertifikat atau ijasah.

Kalo kamu memiliki 3 modal utama diatas, maka artinya kamu mungkin adalah kandidat yang sempurna untuk menjadi seorang video game designer. Ya, kata “mungkin” berarti perjuangan masih belum berhenti sampai disini, guys..sama sekali belum!

Di depan terbentang medan pertempuran dengan kandidat-kandidat lain untuk berjuang mencapai posisi video game designer yang diidam-idamkan.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan untuk merebut karir sebagai video game designer:

1. Siapkan portfolio!

Kamu harus memiliki hasil karya yang sanggup memikat para pencari tenaga kerja baik itu hasil desain, illustrasi karakter, background, atau mungkin game-game kecil yang kamu buat sendiri menggunakan Adobe Flash. Untuk bidang semacam ini memang dibutuhkan sesuatu yang bisa dilihat langsung, dan bukan hanya cerita saja. Kalo kamu bilang kamu jago digital painting menggunakan photoshop, maka tunjukin hasil karya kamu! Media paling efektif untuk pamer portfolio adalah melalui blog/web sendiri, dan sering mempromosikannya.

2. Ikuti forum-forum game

Kalo kamu ingin menjadi seorang game designer, maka sering-seringlah bergaul dengan orang-orang yang berkutat di bidang game. Forum-forum game di internet sering memberikan kamu semangat untuk terus berkarya, mendapatkan masukan dan kritik yang membangun, dan tidak kurang bocoran-bocoran informasi mengenai lowongan menjadi seorang game designer!

3. Ketahui game-game company

Dengan mengetahui game-game company di seluruh dunia dan sering membuka web mereka, kamu mungkin akan mendapatkan informasi berharga mengenai mereka. Hal ini akan menjadi nilai plus kamu di mata mereka, ketika kamu melamar ke perusahaan mereka. Ini adalah cara yang pintar sebelum bertempur, yaitu kenali dengan baik musuhmu! Dengan begitu kamu tidak akan gugup saat ditanya misalnya mengenai game apa yang paling kamu sukai dari perusahaan mereka misalnya!

4. Lets roll! Buat surat lamaran dan datangi mereka!

Jangan tunggu lagi, segera persiapkan surat lamaran terkeren yang bisa kamu buat, baik secara digital (soft copy) maupun hard copy atau yang sudah kamu print. Ini disebut juga system jemput bola, artinya kamu harus mendatangi mereka terlebih dahulu dan langsung memasukkan surat lamaran kamu, meskipun perusahaan tersebut sedang tidak membuka lowongan pekerjaan! Ini menandakan kamu adalah orang yang siap untuk mereka panggil ketika mereka tiba-tiba membutuhkan seorang game designer!

5. Stand by

Oke, ini mungkin tips terakhir kalo kamu sudah melakukan keempat tips diatas. Kamu harus selalu standby setiap waktu 24 jam. Baik itu nomor telepon kamu, email, ym, blogs, atau apapun contact kamu. Kamu harus menjadi seseorang yang siap setiap saat, mudah untuk dihubungi, bahkan di tengah malam sekalipun! Jangan pernah ada handphone low batt, tidak bisa menelepon balik karena pulsa habis, atau tidak mendengar dering telepon karena sedang di kamar mandi! Dunia kerja itu kejam, persaingan ketat, dan kamu bisa saja kehilangan kesempatan dalam hitungan jam saja!

OK, semoga berhasil menjadi video game designer masa depan!

1 komentar:

  1. Wah keren tipsnya..thanks..cita-cita gue tuh pengen bikin game sendiri!

    BalasHapus